Wednesday, August 14, 2024

Berita | Keseruan Gala Premiere Film "Memiliki dan Kehilangan" Karya Siswa SMK Muhammadiyah Pontang


NGEWIYAK.com, KAB. SERANG -- SMK Muhammadiyah gelar gala premiere film "Memiliki dan Kehilangan" di Aula Kantor Kecamatan Pontang, Kab. Serang pada Rabu (14/8) pukul 19.00 s.d. selesai. 


Film "Memiliki dan Kehilangan" merupakan buah karya para siswa SMK Muhammadiyah Pontang pada tahun ajaran 2023/2024 yang sedang menempuh Prakerin/Praktik Kerja Lapangan.


Menurut Kepala SMK Muhammadiyah Pontang, Shodikin, S.Pd., film ini merupakan film perdana yang dihasilkan oleh Jurusan Perfilman di SMK Muhammadiyah Pontang. 


"Jurusan Perfilman di SMK Muhammadiyah Pontang adalah jurusan baru. Ini film perdana. Mungkin kalau di jurusan lain, para siswa yang datang ke industri, kali ini sekolah yang mendatangkan industri," ujarnya lagi.


Dalam kegiatan ini, SMK Muhammadiyah Pontang berkolaborasi dengan Rolling Action, salah satu industri perfilman yang cukup dikenal di Banten.



Rg Kedung Haban atau biasa dipanggil Kang Igun, selaku direktur sekaligus sutradara film "Memiliki dan Kehilangan" mengatakan bahwa membuat film ini tidaklah mudah. Prosesnya sangat melelahkan.


"Meskipun lelah, tapi membuat film itu asyik dan menyenangkan," ujar Igun.


Selain itu, menurut Igun, bila memproduksi film lagi upayakan disisipi kebudayaan atau nilai-nilai lokal, misalnya tokoh sedang makan makanan khas Pontang atau Banten. 


Film berdialek Banten berdurasi kurang lebih 50 menitan ini dihadiri banyak kalangan, mulai dari para aktor, dewan guru, pemerintah kecamatan, tokoh masyarakat, para siswa, dan warga masyarakat setempat. Seisi ruangan aula hampir setiap sudutnya dipenuhi penonton.


Sebagai Kepala SMK Muhammadiyah Pontang, Shodikin, juga menyarankan bahwa kegiatan ini harus terus disyiarkan dan jangan berhenti di sini.


"Tahun depan dan seterusnya insyaallah kita adakan lagi dan semoga bisa lebih meriah," ujar Shodikin yang juga merupakan pemeran dalam film "Memiliki dan Kehilangan".



(Redaksi/Encep)